ARSITEKTUR INTERNAL MIKROPROSESOR

MODEL PEMROGRAMAN
Model pemrograman 8086 ke atas termasuk visible register (terlihat program) karena register-registernya digunakan selama pemrograman aplikasi dan ditentukan oleh instruksi.
Register lainnya merupakan invesible register (tak terlihat program) karena register-register tersebut tidak dapat dialamati selama pemrograman aplikasi, namun dapat digunakan tak langsung selama pemrograman sistem. Hanya mikroprosesor 80286 keatas yang memiliki register-register invesible program.

REGISTER MIKROPROSESOR INTEL

Berdasarkan fungsinya, register-register yang dimiliki oleh mikroprosesor keluarga Intel dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu :
• Multi purpose register (register serbaguna), yaitu :
Akumulator, Base, Count, Data, Base Pointer, Destination Index, Source Index.
• Special purpose register (register untuk tujuan khusus), yaitu : Instruction Poniter, Stack Pointer, Flags

• Segment register, yaitu : Code Segment, Data Segment, Stack Segment, Extra Segment, FS dan GS.

PENGALAMATAN MEMORI MODE REAL
Mikroprosesor 80286 keatas beroperasi baik dalam mode real maupun mode terlindung (protected) Operasi mode real mengijinkan penempatan ruang memori hanya pada 1 MByte pertama. Sehingga memori I MByte pertama sering disebut dengan memori real atau memori konvensional. Sistem Operasi DOS menghendaki mikroprosesor beroperasi pada mode real. Pada semua kasus, mikroprosesor mengawali operasinya pada mode real saat pertama power diaktifkan atau mikroprosesor direset.

SEGMENT DAN OFFSET
Kombinasi dari suatu alamat segmen dan alamat offset mengakses lokasi memori pada mode real. Alamat segment berada dalam suatu segment register, menetapkan alamat awal dari segment memori 64 KByte. Alamat offset (displacement) memilih sembarang lokasi relatif pada sebuah segment yang alamat awalnya telah ditentukan pada segment register. Misalnya, jika register segment berisi 1000H, maka alamat awal segment adalah 10000H. Jika register offset berisi F000H berarti alamat yang dimaksud adalah 10000H + F000H = 1F000H. Sedangkan akhir dari segment adalah 10000H + FFFFH = 1FFFFH.

By diyahmegawulan

Leave a comment